Kamis, 29 April 2010

manusia dan kesusastraan

MANUSIA DAN KESUSASTRAAN

Manusia adalah seseorang the hu¬manities. Ini adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu Humanus, yang berarti manusiawi yang berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities orang akan menjadi lebih manusiawi terhadap lingkungan nya dan sesama, serta lebih berbudaya dan lebih halus. Jadi the humanities berkaitan dengan masalah nilai, yaitu nilai kita sebagai homo humanus.

the humanities mempunyai peran penting yaitu lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sementara itu filsafat, yang juga mempergunakan bahasa, adalah abstraksi. Cinta kasih, kebahagian, kebebasan, dan lainnya yang digarap oleh filsafat adalah abstrak. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi.
Sastra juga didukung oleh cerita. Dengan cerita orang lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif. Cabang-cabang seni yang lain juga dapat menarik tanpa cerita, akan tetapi sulit bagi penciptanya mengemukakan gagasanya. Dalam musik misalnya, kata-kata penciptanya tertelan oleh melodinya.

dengan begitu manusia dan sastra itu mempunyai hubungan yang sangat erat. dan banyak sekali pengertian-pengertian mengenai hal tersebut tetapi saya hanya menjelaskan sebagian saja . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar