Kamis, 30 September 2010

BUDAYA ORGANISASI

BUDAYA BERORGANISASI


Dalam kehidupan bermasyarakat pasti tidak akan lepas dari ikatan budaya yang telah diciptakan. Ikatan budaya diciptakan oleh masyarakat yang bersangkutan, baik dalam keluarga, organisasi, maupun bangsa. Budaya membedakan masyarakat yang satu dengan yang lain dalam cara berinteraksi serta bertindak dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah. Budaya selalu mengikat anggota kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan pandangan yang menciptakan keseragaman dalam berperilaku. Seiring dengan waktu, budaya pasti terbentuk dalam organisasi serta dapat dirasakan manfaatnya dalam memberi penerangan bagi aktivitas organisasi secara keseluruhan.

Menurut saya budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima oleh organisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah, membentuk sekumpulan orang yang dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan mempersatukan anggota-anggota organisasi lainnya. Untuk itu di anjurkan kepada anggota termasuk anggota yang baru untuk bisa mengkaji, berpikir dan merasakan masalah yang sedang dihadapi.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi budaya organisasi, yaitu :
1. Pengaruh umum dari luar.
2. Pengaruh dari nilai-nilai yang ada di masyarakat.
3. Faktor-faktor yang spesifik dari berorganisasi.
Serta fungsi budaya organisasi itu sendiri adalah sebagai berikut :
a. Budaya menciptakan perbedaan yang jelas antara satu organisasi dengan organisasi yang lain..
b. Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi itu sendiri.
c. Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri sendiri.
d. Budaya merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan oleh setiap anggota organisasi.
e. Budaya sebagai mekanisme pembuat tujuan dan kendali yang mengajarkan serta membentuk sikap dan perilaku anggota organisasi.

Menurut saya , budaya berorganisasi itu sangatlah penting karena dimana pun kita akan bertemu atau akan bergabung dengan suatu organisasi. Mulai dari OSIS, karang taruna, ataupun pengurus RT dan masih banyak lagi. Budaya berorganisasi itu akan mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan, atau memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Di dalam organisasi itu sendiri akan tercipta rasa kebersamaan karena kita bias saling sharing, atau pun saling mengeluarkan pendapat. Oleh karena itu perbanyaklah berorganisasi serta membudayakan berorganisasi karena itu akan bermanfaat di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar