Selasa, 01 Maret 2011

ILMU EKONOMI & METODOLOGI EKONOMI

Ilmu ekonomi, atau ekonomi politik (politicale conomy) adalah suatu studi tentang kegiatan-kegiatan yang dengan atau tanpa menggunakan uang, serta mencakup atau melibatkan transaksi-transaksi pertukaran antar manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ekonomi sendiri mempunyai banyak pengertian diantaranya :
•Ilmu ekonomi dapat dikatakan suatu studi mengenai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber - sumber produktif ( tanah, tenaga kerja, barang-barang modal dan pengetahuan teknik ) yang langka dan terbatas jumlahnya, untuk menghasilkan berbagai barang tersebut (misalnya gandum daging, mantel, perahu layar, konser musik, jalan raya, pesawat pembom) serta membagikannya kepada berbagai anggota masyarakat untuk mereka pakai/konsumsi.
•Ilmu ekonomi juga dapat dikatakan sebagai studi tentang dimana manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari hari untuk mendapat dan menikmati kehidupannya masing-masing.

Secara keseluruhan Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar