Jumat, 16 Desember 2011

" CARA MENGATASI STREES "


Pasti kamu pernah merasa sangat terbebani oleh sesuatu yang sangat berat ?pikiran, kerjaan, tugas, ataupun masalah yang mungkin sedang kamu hadapi. Memang, semua itu bukan hal yang menyenangkan. Seringkali kita merasa aktivitas kita tidak ada habisnya. Pekerjaan satu belum selesai, datang lagi pekerjaan lain. Masalah satu belum selesai datang lagi masalah baru. Rasanya tidak ada waktu untuk kita beristirahat, dan menenangkan pikiran. Kepala terasa penuh dan membayangkannya saja sudah membuat stress. Disini ada beberapa cara untuk mengatasi stress agar kita bisa sediki rileks. Berikut penjelasannya :


1.Berhenti mengeluh

Bila kita terus menerus hanya mengeluhkanm masalah yang kita hadapi, pikiran kita akan semakin tertekan dan aktivitas kita juga tidak akan selesai. Cobalah berfikir sedikit dari nilai positif yang bisa diambil, anggap saja ini sebagai sarana belajar bagi Kamu. Atau pikirkan hal menarik yang akan kamu kerjakan. Mengeluh juga tidak baik, dimana dengan kita mengeluh berarti kita putus asa untuk menghadapi masalah. Karena sebenarnya masalah itu adalah sebagian dari cobaan kita, apakah kita bisa melewatinya atau tidak? Dan masalah juga pembelajaran buat kita agar kita dapat berfikir dewasa.

2.Tentukan prioritas

Semua orang pasti mempunyai kesibukan masing-masing dalam bekerja. Dan pekerjaan itu juga tidak sedikit. Memang kita tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan sekaligus, maka tentukan mana dahulu yang lebih penting dan harus diselesaikan. Jangan pikirkan pekerjaan lain, karena akan membuat konsentrasi kita terganggu dan akan memperlambat pekerjaan yang harus diselesikan terlebih dahulu. Kita juga tidak boleh haus akan banyak pekerjaan karena yang perlu kita ingat, kita itu manusia yang terbatas kemampuannya. Oleh karena itu jika kita mempunyai banyak pekerjaan dahulukanlah pekerjaan yang menurut kamu lebih baik dikerjakan terlebih dahulu.

3.Tetap rileks dan istirahat

Walaupun kerjaan menumpuk, masalah juga menumpuk dan sesibuk apapun Kamu, saat jam istirahat, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersantai. Bila mungkin, gunakan waktu istirahat Kamu untuk tidur minimal 15 menit. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran Kamu lebih segar. Agar kamu bisa melanjutkan aktivitas kamu dengan penuh semangat.

4.Makan makanan yang bergizi

Walaupun pekerjaan kamu banyak jangan lupa tetap memperhatikan makanan Kamu agar gizi tetap tercukupi. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat. Usahakan agar mengkonsumsi cukup buah. Jangan karena keasyikan menyelesaikan pekerjaan, kamu jadi lupa akan kesehatan dari tubuh kamu. Kalau sampai terjadi yang ada kamu malah jatuh sakit dan tidak dapat melakukan aktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar